Resep-resep Makanan

Resep / Cara Membuat Kueh Yangko

1
Makanan khas jogja yang satu ini cocok sekali untuk cemilan keluarga. Kue yangko ini kurang lebih seperti kue moci khas sukabumi. Namun perbedaan antara moci dan yangko adalah isian. Ya yangko tidak memiliki isian. Tapi meskipun begitu kue ini sangat enak.
Berikut adalah resep atau cara membuat kue yangko :

Bahan-bahan yang harus disiapkan untuk Membuat Kue Yangko:

  • 500 gr Tepung Ketan
  • 2 Sendok makan Margarine
  • 300 mili Santan (dari parutan 1/2 butir kelapa)
  • Garam secukupnya
  • 100 gr Tepung Maizena ( bisa juga gunakan tepung terigu untuk bahan taburan )


Bahan-bahan untuk Isi Kue Yangko (optional):

  • 140 gram Kacang Tanah
  • 140 gram Gula Pasi


Langkah atau Cara Membuat Kue Yangko :

  1. Cara Membuat isi Kue Yangko: tumbuklah kacang tanah, lalu sangrai sampai halus, dan masukkan gula pasir sambil diaduk-aduk sampai rata.  Lalu sisihkan.
  2. Campurkan tepung ketan dengan air lalu aduk-aduk hingga rata, saringlah adonan gunakan kain bersih.
  3. Tuangkan margarine yang sudah panaskan hingga meleleh, aduk-aduk sampai rata sambil tuangkan air santan, garam dan pewarna makanan. aduk kembali hingga rata.
  4. Siapkan cetakan loyang, lapisi dengan menggunakan plastik supaya tidak lengket, lalu tuangkanlah adonan yangko ke dalam loyang yang telah disiapkan. Kukuslah adonan selama kurang lebih 45 menit hingga matang. Angkat loyang lalu dinginkan.
  5. Angkatlah Kue Yangko yang telah matang lalu belah jadi dua bagian.
  6. Taruh bahan isi Kue Yangko di permukaan salah satu Kue Yangko lalu ratakan, dan terakhir tutuplah dengan Kue Yangko yang satunya.
  7. Potonglah Kue Yangko dengan bentuk kotak-kotak, lalu gulung-gulung Kue Yangko diatas tepung maizena. Bungkus Kue Yangko dengan kertas minyak.supaya agak tahan lama

1 comment: Leave Your Comments

  1. Senang sekali saya dapat resep ini. Tapi untuk takaran airnya berapa ml ya? Di bhn tdk tertulis air, tp di cara membuat ada air

    ReplyDelete