Resep-resep Makanan

Resep / Cara membuat Tape Ketan

0
Tape ketan adalah makanan khas jawa barat. Namun sekarang tape ketan ini selalu menjadi bahan campuran dengan makan lain. Misalnya dengan es dll.
Berikut adalah cara membuat tape ketan
Bahan :

  • 1/2 kilo gram ketan , 
  • Daun pisang untuk pembungkus secukupnya
  • 2 gelas air bersih
  • 2 butir ragi untuk membuat tape seperti biasanya
  • 2 sendok makan gula pasir /gula halus dengan takaran  (tigak juga gak apa2).

Cara Membuat :

  1. Beras ketan hitam dicuci bersih .
  2. Rendam ketan hitam 1 malam.ambil dan iriskan.
  3. Kukus beras ketan hitam sampai menjadi setengah matang.
  4. Siapkan air panas sebanyak 2 gelas.
  5. Pada saat beras ketan yang dikukus tadi sudah mengepulkan uap panasnya, siram siram atasnya dengan air panas yang 2 gelas tadi , sambil diaduk-aduk sampai semua beras ketan terkena air panas secara merata. Teruskan mengukus sampai ketan menjadi matang. (kukusan masih diatas kompor).
  6. Angkat beras ketan, taruh kedalam nampan atau tampah yang besar, lalu diratakan. Biarkan beras ketan menjadi dingin. Sambil menunggu beras dingin, haluskan raginya.
  7. Ambil wadah berukuran sedang, beri alas daun pisang yang menutupi seluruh permukaan wadah.Masukkan lapisan pertama beras ketan, ratakan dengan baik, lalu taburi atasnya dengan ragi yang sudah dihaluskan sampai benar-benar merata. Bisa juga ditambahkan gula halus/kastor secukupnya
  8. Tambahkan lagi lapisan yang kedua beras ketan, taburi ragi lagi diatasnya dan gula halus. lakukan langkah ini sampai ketan habis
  9. Tambahkan daun pisang untuk menutupi rapat permukaan bakal tape utup kembali wadah dengan tutupnya hingga rapat, kemudian hanya didiamkan selama 3 hari 2 malam. Taruh wadah bakal tape tersebut di tempat yang hangat dan jangan sampai dibuka kecuali bau tapenya sudah mulai kuat.

0 comments:

Post a Comment